Minggu, 26 September 2010

1. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dunia komputer dan gadget atau alat elektronik saat ini terutama yang dapat menerapkan aplikasi-aplikasi software contohnya telepon selular atau handphone, handphone merupakan alat yang umum digunakan oleh masyarakat dan bukan berasal dari kalangan atas saja tetapi kalangan bawah dan berbagai usia. kita dapat mengaplikasikan aplikasi yang berguna bagi pengguna handphone tersebut tidak hanya aplikasi game tetapi seperti aplikasi kepribadian. Dengan berkembangnya tekhnologi kita pun tidak mau repot-repot datang kesuatu tempat untuk mendapatkan informasi yang berkaitan tentang kepribadian seperti ramalan horoscope cukup menggunakan handphone anda akan mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah tanpa perlu membuang-buang waktu, dan apabila kita mendatangi tempat yang bisa mengetahui ramalan horoscope kita juga perlu mengeluarkan uang untuk dapat menuju tempat tersebut dan belum lagi kita harus membayar jasa yang kita butuhkan tersebut.

Pada dasarnya apilkasi ini bersifat mudah berubah dengan seiring waktu yang kian berjalan karena horoscope tergantung pada perbintangan di alam semesta. Sebelum aplikasi ini disajikan bagi pengguna, penulis akan mencatat data-data yang up to date mengenai horoscope karena data atau informasi berubah-ubah setiap minggu atau bulan tergantung pada perbintangan di tata surya, data tersebut akan ditulis atau di catat pada database yang kemudian pada waktu berikutnya data tersebut akan di Up date atau diperbaharui sehingga informasi yang diberikan pun akan selalu tepat sesuai dengan waktu dan horoscope itu sendiri. Data-data tersebut akan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi informasi bagi pengguna sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Agar aplikasi memenuhi tuntutan pengguna dan tuntutan seperti di atas maka aplikasi ini perlu dirancang sedemikian rupa sehingga pemakai aplikasi ini dapat memperoleh informasi yang tepat dan efisien terlebih lagi pengguna juga dapat dengan mudah dalam pengoprasian aplikasi tersebut.

1.2. Batasan Masalah

Pembahasan untuk pembatasan masalah pada program aplikasi horoscope mobile adalah cara pembuatan aplikasi ini dengan menggunakan J2ME yang hasilnya hanya dapat digunakan pada telepon seluler yang standar aplikasinya mendukung Java saja dengan tidak membahas bahasa pemrograman buah teknologi Java lainnya, seperti Java 2 Standard Edition (J2SE) dan Java 2 Enterprise Edition (J2EE). Aplikasi ini berupa aplikasi yg digunakan untuk membantu penguna untuk mendapatkan informasi ramalan maka pada aplikasi ini diterapkan tahapan-tahapan untuk mendapatkan informasi. Aplikasi ini memiliki pilihan menu ramalan Kepribadian, Percintaan / jodoh, atau Pekerjaan / karier, menu ini sebagai menu utama dan setelah salah satu menu tersebut dipilih maka pengguna akan menemui pengisian biodata yg berfungsi sebagai pemanggilan data base informasi ramalan. Tidak hanya menu utama saja, aplikasi ini juga terdapat menu petujuk pengunaan program, menu penjelasan hasil ramalan yg mungkin tidak dimengerti oleh pengguna dan penampilan pembuat aplikasi ini.

1.3. Tujuan Penulisan

Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk membuat aplikasi horoscope jawa kuno ini berjalan pada telepon selular serta aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan para pengguna aplikasi ini agar dapat mengetahui ramalan perbintangan mengenai pribadinya dan membantu untuk memberitahu ramalan perbintangan satiap bulannya serta layak untuk digunakan.

1.4. Metode Penulisan

Perlengkapan yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini berupa perangkat keras yaitu processor Intel GMA 4500MHD Prosessor intel core 2 duo processor T6600 dan Ram 1 Gb, ada pula perlengkapan software yang mendukung untuk merancang dan membuat aplikasi ini seperti Sistem operasi Windows XP, Java 1.60 JDK, WTK J2me wireless toolkit 2.2, Netbeans IDE 6.0 dan pelengkapan pendukung lainnya.Pada penulisan ini juga digunakan studi kepustakaan.

Metode penulisan ini adalah studi pustaka dengan cara penulis membaca buku-buku tentang bahasa pemrogramaan java, mencari informasi tenang bahasa pemrograman java melalui internet dan tidak lupa pelajaran yg sudah diberikan didlam kampus. Maka dari referensi diatas saya merancang interface dan membuat tampilan semenarik munkin.

1.5. Sistematika Penulisan

Untuk memudahkan pembaca dan memahami penulisan ilmiah ini, penulis menyusun penulisan kedalam beberapa bab sebagai berikut;

1. Pendahuluan

Bab pendahuluan ini menerangkan tentang latar belakang penulisan yang mendasari pembuatan penulisan secara keseluruhan, batasan-batasan masalah penulisan, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.

2. Landasan Teori

Dalam bab ini dijelaskan mengenai program mobile application game menggunakan Netbeans IDE.

3. Analisa dan Perancangan

Bab ini merupakan bagian yang memuat perencanaan dan implementasi program yang mencakup perancangan program,termasuk tampilan dan struktur navigasi serta uji coba program dan cara menggunakan program.

4. Penutup

Bab ini berisi kesimpulan dari penulisan ilmiah ini, disertai dengan saran dan harapan yang ditujukan kepada semua pihak yang tertarik kepada penulisan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar